16 Jan 2013


Syair Abu Nawas

اِلهَىِ لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ اَهْلاً      وَلاَ اَقْوَىْ عَلَى النَّارِ اْلجَهِيْمِ
فَهَبْ لِى تَوْبَةً وَاغْفِ ذُنُوْبِى     فَإِنَّكَ   غَافِرُ ذَنْبٍ   عَذِيْمٍ
ذُنُوْبِى مِثْلُ اَعْدَادِ الرِمَالِ       فَهَبْ لِي تَوْبَةً   يَاذَالْجَلاَلِ
وَعُمْرِنَاقِصٌ فِي كُلِّ يَوْمٍ       وَذَنْبِى زَائِدٌ كَيْفَ حتمال
الِهَى عَبْدُكَ اْلعَاصِ اَتَاكَ      مُقَرًا بِالذُّنُوْبِ وَقَدْ دَعَاكَ
فَإِنْ تَغْفِى فَأَنْتَ لِذَالِكَ اَهْلاً    فَاِنْ تَطْرُ ذَافَمَنْ نَرْجُوْ سِوَاكَ


*   Ya Tuhanku Tiada pantas aku ini, bagi surga Firdaus sebagai ahlinya.
o   Dan aku tak kuat di neraka Jahannam.

*   Oleh sebab itu beri aku taubat dan ampuni semua dosa – dosaku.
o   Sesungguhnya Kau pengampun dosa yang besar.

*   Dosaku laksana hitungan butir – butir di laut
o   Maka berilah aku taubat wahai Dzat yang Agung.

*   Umurku berkurang setiap hari, tetapi dosaku selalu bertambah.
o   Bagaimana aku harus memikulnya?

*   Ya Tuhanku ini hambaMu yang penuh dosa datang padaMu.
o   Dengan mengakui banyak dosa, sungguh telah minta ampun padaMu.

*   Maka jika Engkau mengampuni, maka Engkau memang ahli pengampun.
o   Tetapi jika Kau menolak do’aku ini, maka siapa yang aku harapkan selain Kau ?

2 komentar: