17 Jan 2013

HAKEKAT HADIAH PAHALA


    HAKEKAT HADIAH PAHALA
Oleh Drs Nur Yasin Ahmad

Bagi Kaum Ahlussunnah Wal Jama’ah beri’tikad bahwa hadiah pahala yang diberikan kepada orang lain itu akan berfaidah dan sampai pahala tersebut kepada orang yang diberi hadiah baik itu berupa amalan atau sodaqoh tersebut dalam hadits Nabi menuturkan tentang ibadah haji sbb :
عن ابن عباس رضي الله عنهما :  أنامرأةً من جُهيْنةَ جَائت الى النبى ص م فقالت : ان أمى نذرتْ أن تحجّ فلم تحجّ حتى ماتت افأحجُّ عنها؟ قال : نعم. حجّى عنها. أرأيتِ لو كان على أمكِ دين أكنتِ قاَضيته؟  أُقْضُوااللهَ، فالله  أحقُّ بالوفاءِ   (رواه البخارى.  فتح البرى ج 4  ص 437)

Dari Ibnu Abbas ra. Beliau berkata : bahwasanya seorang wanita dari suku juhainah datang kepada Nabi Muhammad saw. Lalu bertanya : Bahwasanya Ibuku bernadzar akan naik haji, tetapi ia meninggal sebelum mengerjakan haji itu, apakah boleh saya menggantikan hajinya itu? Jawab Nabi : ya Boleh, naik hajilah menggantikan dia,
Perhatikanlah, umpama ia berhutang tentu kamu dapat membayarkan hutangnya, maka hutang kepada tuhan lebih berhak untuk dibayar.

Dalam hadis itu diterangkan bahwa pahala anak yang menghajikan orang tuanya yang sudah mati itu akan sampai. Demikian dengan pahala sedekah terhadap mereka yang sudah meninggal akan sampai pahalanya terhadap yang kita maksudkan, ini dijelaskan oleh hadis nabi sbb :

سأل رجل النّبي ص م فقال : يا رسول الله انّ أمي ماتت، فينفعها ان تصدقتُ عنها؟ قال نعم  (رواه أبو داود)

Seorang laki-laki bertanya kepada Rosululloh saw. Maka dia berkata : Wahai rosululloh sesungguhnya Ibuku telah meninggal, apakah bermanfaat baginya jika saya bersedekah untuknya?. Rosul menjawab : Ya. (HR Abu Dawud)

Pahala yang sampai kepada orang mati antara lain :
1.        Sholat Janazah yang berisi : Surat Fatihah, solawat,do’a kepada mayit,
Seandainya pahala fatihah,solawat, do’a tidak sampai pada mayit maka Nabi tidak akan mensyari’atkan solat janazah.
2.        Ampunan bagi kaum muslimin baik yang hidup atau yang mati, tersebut dalam Q.S. Muhammad 19

óOn=÷æ$$sù ¼çm¯Rr& Iw tm»s9Î) žwÎ) ª!$# öÏÿøótGó$#ur šÎ7/Rs%Î! tûüÏZÏB÷sßJù=Ï9ur ÏM»oYÏB÷sßJø9$#ur 3 ª!$#ur ãNn=÷ètƒ öNä3t7¯=s)tGãB ö/ä31uq÷WtBur
19. Maka ketahuilah, bahwa Sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, Tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.

Ibrohim ayat 41 :
$oY­/u öÏÿøî$# Í< £t$Î!ºuqÏ9ur tûüÏZÏB÷sßJù=Ï9ur tPöqtƒ ãPqà)tƒ Ü>$|¡Åsø9$# ÇÍÊÈ  
41. Ya Tuhan Kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)".

3.        Hadiah Pahala bagi mayit dari perbuatan orang yang masih hidup. Seperti hajji, Puasa dll. Keterangan hadis  diatas.
4.        Hadiah pahala dari sedekahnya orang yang masih hidup. Keterangan diatas hadits dari imam Abu Dawud.
5.        Salam bagi mayit dari orang yang berziarah qubur Keterangan dari hadits Rosul
ألسلام عليكم يا أهل الديار من المؤمنين والمؤمنات وانّا ان شاء الله بكم لاحقون أسأل الله لنا ولكم العافيه ـ  رواه مسلم
Assalamu’alaikum wahai ahli Qubur dari qoum muslimin dan muslimat, dan saya insyaAlloh akan menyusulmu, saya minta untuk kita dan kamu semua kesehatan HR Imam Muslim

6.        Amal Jariyah, atau sodaqoh jariyah, Ilmu yang bermanfaat, anak Sholeh Hadits Nabi sbb :
اذا مات ابن ادم انقطع عمله الا من ثلاث : صدقة جارية او علم ينتفع بة او ولد صالح يدعو له  ( الحدث )
Artinya : ketika anak adam meninggal dunia maka seluruh amal perbuatannya akan putus kecuali tiga perkara : sodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang soleh. Al hadits.

Kesimpulan :
Hadiah berupa amal ataupun sedekah (Sodaqoh) yang diperuntukkan kepada mayit maka hal tersebut akan memberi manfaat bagi mayit yang dituju, apabila kita lihat dari keterangan diatas, apapun yang disampaikan kepada si mayit maka pahalanya akan sampai. Sedang amal yang sampai diantaranya menghajikan mayit, puasa, amalan – amalan soleh yang lain.
Diterbitkan oleh LDNU Kecamatan Pageruyung Ahad   2009.

2 komentar: