10 Des 2014

TANGGUNG JAWAB MANUSIA



Ahad Pon : 29 Nop 2014.

Tugas manusia dalam hidup
 
56.  Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

QS  at-Tahriim/66: 6
 
Terjemah Ayat : 
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”

Menjaga keluarga
Umar bin Khaththab berkata: "Wahai Rosulullah, kami sudah menjaga diri kami,dan bagaimana menjaga keluarga kami? Rosulullah  bersabda "Laranglah mereka mengerjakan sesuatu yang kamu dilarang melakukannya dan serulah mereka melakukan sesuatu yang kamu diperintahkan oleh Allah melakukannya"

a.       Mendidik agar tidak musyrik
13.  Dan (Ingatlah) ketika Luqman Berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (QS. Luqman/31 : 13)

b.       Menyuruh mereka mengerjakan sholat
عَنْ ابْنِ عَنِ النَبِيِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وسلم قال: اَكْرِمُ وَاَحْسَنُوْادَبَهُمْ. رواه ابن ماجه.
Dari Ibnu Abbas, dari Nabi saw, beliau bersabda: Sayangilah anak-anakmu, dan perbaikilah akhlaq mereka. (HR. Ibnu Majah)
عَنْ عُمَرُ وبْنُ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مُرُوْ اَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِوَهُمْ اَبْنَاءُسَبْعَ سِنِيْنَ وضْرِبُوْ هُمْ وَهُمْ اَبْنَاءُ عَشْرٍ. (رواه ابوداود)
Dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata: Rasulullah saw bersabda ,”Perintahkanlah anak-anakmu untuk mengerjakan shalat sejak berusia tujuh tahun dan berilah hukuman (peringatan) jika mereka enggan melakukan, padahal usia mereka telah mencapai usia sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud no. 418)

Takutlah Meninggalkan keturunan yang lemah
An Nisa’/4: 9

9.  Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

عَلِّمُوْا أوْلادكُم فَائنَّهُم مَخْلُقُوْنَ غَيْرَ زَمَانِكُم  ـ الحديث
Podo mulango siro kabeh marang anak iro, sak temene dewe’e bakal dadi generasi ono zaman kang bedo sangking zaman iro kabeh.


كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَإِنَّمَا أَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أوْ يُنَاصِرَانِهِ أوْ يُمَاجِسَانِهِ (رواه البخاري ومسلم)
Artinya : Saben-saben bayi kang dilahirake, netepi pitroh kang suci, dene wong tuwone kang bakal ndadaake yahudi, nasroni utowo majusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar